Kamis, 29 April 2010

perangkat multimedia game

PlayStation


Perbandian konsol PlayStation yang telah diproduksi

PlayStation (bahasa Jepang: プレイステーション) adalah konsol permainan grafis dari era 32-bit. Pertama kali diproduksi oleh Sony sekitar tahun 1990. PlayStation diluncurkan perdana di Jepang pada 3 Desember 1994, di Amerika Serikat 9 September 1995 dan Eropa 29 September 1995. PlayStation menjadi sangat terkenal sehingga membentuk "Generasi PlayStation". Dari sekian banyak game PlayStation, beberapa yang terkenal adalah: Tomb Raider, Final Fantasy, Resident Evil, Tekken, Winning Eleven, Ridge Racer, wipEout, Gran Turismo, Crash Bandicoot, Spyro, dan seri Metal Gear Solid. Pada 18 Mei 2004,Sony telah memproduksi 100 juta PlayStation dan PSOne ke seluruh dunia. Pada Maret 2004, sebanyak 7.300 judul permainan telah tersedia dengan jumlah akumulasi 949 juta.


Spesifikasi


CPU Utama

Chip RISC R3000A-kompatibel 32-bita (R3051) dengan kecepatan 33.8688 MHz

Chip ini diproduksi oleh LSI Logic Corp dengan lisensi teknologi dari SGI. Chip ini memiliki Mesin Transformasi Geometri (Geometry Transformation Engine) dan Mesin Dekompersi Data (Data Decompression Engine).

Fitur:

  • Performa Operasi (Operating Performance) 30 juta instruksi per detik (MIPS)
  • Lebar jalur data (Bus Bandwidth) 132 Mb/s
  • Instruction Cache 4 KB
  • Data Cache 1 KB (non associative, hanya 1024 bytes dari pemetaan SRAM -Static Random Access Memory- cepat)


Mesin Transformasi Geometri (Geometry Transformation Engine)

Terletak di dalam chip CPU. Bertugas melakukan rendering grafis 3 dimensi.

Fitur:

  • Performa Operasi 66 juta instruksi per detik
  • 360,000 poligon Flat-shaded per detik
  • 180,000 pemetaan tekstur dan poligon bersumber cahaya setiap detik (texture mapped and light-sourced polygons)

Pada awalnya Sony memberikan perhitungan poligon sebagai berikut:

  • 1.5 juta poligon flat-shaded per detik
  • 500,000 poligon texture mapped dan light-sourced per detik

Angka tersebut diberikan sebagai acuan untuk performa dalam kondisi optimal, jadi sangat tidak mungkin terjadi untuk kondisi normal.


Mesin Dekompresi Data (Data Decompression Engine)

Juga terletak di dalam chip CPU. Bertugas melakukan dekompresi gambar dan video. Menurut dokumentasi: membaca 3 RLE-encoded 16x16 blok makro, menjalankan IDCT dan menyusun sebuah makroblok RGB 16x16. Data output di pindahkan langsung ke GPU melalui DMA. Sangat mungkin untuk melakukan overwrite matriks IDCT dan beberapa parameter tambahan, sayangnya instruksi internal MDEC tidak pernah didokumentasikan.

Fitur:

  • Kompatible dengan file MPEG1 dan H.261
  • Perfoma Operasi 80 juta instruksi per detik
  • Terhubung langsung dengan Bus CPU


Unit Pengolah Grafis (Graphics Processing Unit)

Chip ini terpisah dari CPU dan menangani semua proses grafik 2 dimensi.

Fitur:


Suara/Audio

Chip ini menangani proses suara/audio.

Fitur:

  • Dapat menangani sumber ADPCM sampai 24 kanal dan sampai 44.1 kHz sampling rate
  • Dapat melakukan efek digital termasuk:
    • Pitch Modulation
    • Envelope
    • Looping
    • Digital Reverb
  • Dapat menangani sampel waveforms sampai 512Kb
  • Mendukung instrumen MIDI
  • Format nama file PC: .PSF


Memori


CD-ROM

Fitur:

  • Two Speed, maksimum transmisi data 300 KB/s
  • XA Compliant

Tidak ada komentar:

Posting Komentar